Skip to main content

10 bukti Bumi pernah 'dihancurkan'



Coba bayangkan, ketika kita menatap ke angkasa dan melihat ada sebuah titik kuning kecil, yang lambat laun mulai mendekat. Titik itu berubah ukuran menjadi 2 kali lebih besar setiap detiknya, sampai kemudian dengan perlahan mulai menutup langit menjadi gelap. Kemudian kau menyadari kalau titik kecil itu ternyata berukuran sebesar kota New York dan menembus atmosfer dengan kecepatan yang melebihi kecepatan suara dan menuju ke arahmu. Benda yang luar biasa besar itu akan menimbulkan sunami, gempa bumi, dan melenyapkan siang selama bertahun-tahun...oh...dan benda itu juga akan membunuhmu. Tabrakan asteroid yang sama pernah, dan akan terjadi pada beberapa waktu dalam sejarah bumi kita. Saat ini kami akan memperlihatkan 10 urutan kawah terbesar akibat dari tabrakan dari asteroid, meteor, dan komet  ke bumi berdasarkan diameter kawah tersebut.

10. Kawah Barringer, Arizona, Amerika







   














Sekitar 49.000 tahun yang lalu sebuah nickel-iron meteorite dengan ukuran panjang sekitar 45,72 meter, dengan berat sekitar beberapa ratus ribu ton (diperkirakan 300.000) dan menjelajah dengan kecepatan 40.000 mil/jam, menghantam bumi. Hasil dari hantaman itu terdapat di 55 kilometer sebelah timur dari Flagstaff, Arizona, dan dinamai kawah Barringer. Kawah tabrakan yang masih terawat dengan baik. Kekuatan yang timbul dari tabrakan itu bisa disamakan dengan ledakan yang dihasilakan dari ledakan 20 juta ton bahan peledak  TNT. Coba anda bayangkan itu.

Ukurannya membentang sejauh 1,2 kilometer, dalamnya sedalam 175 meter dan memiliki pinggiran yang terangkat setinggi 45 meter lebih tinggi dari dataran disekitar lokasi tabrakan. Ditemukan pada tahun 1902, Diberikan nama kawah Barringer mengikuti nama Daniel Barringer, seorang ahli penambang sukses. Saat ini lokasi tersebut masih dimiliki oleh keluarganya dan juga dikenal dengan nama Meteor Crater, Coon Butte, dan Canyon Diablo.

9. Bosumtwi, Ghana

 




















Sekitar 30 km sebelah tenggara Kumasi, Ghana, terdapat danau Bosumtwi (satu-satunya danau alam negara Ghana). Tabrakan dari meteorit sekitar 1,3 juta tahun yang lalu membuat lubang terbuka di tanah dengan diameter sepanjang 10,5 kilometer. Kawah tersebut lambat laun terisi dengan air dan menjadi danau seperti foto di atas. Dikelilingi dengan hutan hujan yang lebat, orang Ashanti (suku setempat.red) memperlakukan danau itu sebagai tempat keramat. Mereka beranggapan kalau tempat itu adalah tempat para arwah bertemu dengan dewa Twi.

8. Deep Bay Canada

 




















Terletak di Saskatchewan, Canada, Deep Bay memiliki kawah selebar 13 kilometer, terbentuk sekitar 100 juta tahun lalu (ada yang mengatakan 140 juta tahun), ketika sebuah meteor menghantam area itu.

7. Aorounga impact crater, Chad

 
















Kawah Aorounga terbentuk sekitar 200 - 300 juta tahun lalu terletak di gurun sahara, ketika sebuah komet atau asteroid yang berdiameter sepanjang 1,6 kilometer menghantam kulit bumi. Tabrakan seperti itu terjadi diperkirakan 1 kali dalam setiap jutaan tahun.

Kawah Aorounga terbentang sekitar 17 kilometer dan ditemani oleh 2 lingkaran yang terungkap oleh radar peswat ulang alik SIR-C, setelah mengambilan foto area itu sekitar 36 kilometer cakupannya. Jika asumsi dan hipotesis bahwa bagian yang gelap pada bagian sudut kanan atas adalah kemungkinan kawah tabrakan kedua, maka Aorounga mungkin merupakan bagian dari tabrakan berantai dari meteor.

6. Gosses Bluff, Australia

 


















Sekitar 142 juta tahun yang lalu, sebuah asteroid atau komet (berdiameter 22 km) menghantan dengan kecepatan 40 km/detik di bagian selatan Northern Territory, dekat dari bagian tengah Australia, dan melepaskan energi yang begitu dahsyat yang sama dengan ledakan dari  22.000 megaton TNT. Inilah mengapa Gosses Bluff menjadi salah satu struktur tabrakan yang signifikan di  bumi. Dimensinya juga mencengangkan, karena berdiameter 24 kilometer dan memiliki kedalaman sampai 5000 meter.

5. Danau Mistastin, Canada

 














Terletak di Labrador, Canada, Kawah Mistastin adalah hasil tabrakan meteor, yang mengakibatkan terciptanya  sebuah lubang raksasa sebesar 28 kilometer di tanah, pada 38 juta tahun yang lalu.  

4. Danau Clearwater, Canada
















Dua danau kawah yang berbentuk linkaran yang berada di Canadian Shield di Quebec terbentuk secara simultan karena tabrakan dari pasangan asteroid yang menghantam bumi sekitar 290 juta tahun yang lalu. Kawah terbesar dari 2 kawah itu adalah danau Clearwater sebelah barat dengan diameter 32 kilometer, sedangkan yang kedua, danau Clearwater sebelah timur berdiameter 22 kilometer.

3. Kara-Kul, Tajikistan             



































Berada di ketinggian 3.900 meter di atas permukaan laut, terdapat Kara-Kul, juga dikenal dengan nama Qarokul, sebuah danau dengan lebar 25 kilometer di pegunungan Pamir di Tajikistan, dekat dengan perbatasan dengan China. Kara-kul tercipta karena hantaman meteor sekitar 5 juta tahun lalu, dan baru diketemukan melalui pencitraan satelit.

2. Manicouagan, Canada


Waduk  Manicouagan atau danau Manicouagan kuga dikenal sebagai “eye of Quebec,” adalah danau yang berbentuk cincin yang berada di tengar-tengah Quebec, Canada, yang terletak bersama puing-puing kuno. Sekitar 212 juta tahun yang lalu, asteroid selebar 5 kilometer menghantam bumi, dan mengakibatkan lubang raksasa selebar 100 kilometer. 

1. Chicxulub, Mexico

 
Terkubur di bawah semenanjung Yucatan di Mexico, dekat dengan sebuah derah bernama Chicxulub (yang dalam bahasa maya berarti "ekor setan"), kawah tabrakan kuno ini berdiameter 170 kilometer. Tabrakan terjadi pada sekitar 65 juta tahun yang lalu, ketika komet atau asteroid yang berukuran seperti satu kota kecil menghantam bumi (setara 100 teraton TNT), dan mengakibatkan mega sunami, gempa bumi, dan gunung meletus di seluruh permukaan bumi. 

Tabrkan di daerah Chicxulub membuat banyak yang beranggapan bahwa hal itulah yang membuat dinosaurus punah, sebab terjadi badai api yang menyelimuti bumi dikarenakan sebaran luas efek rumah kaca yang akhirnya mengakibatkan perubahan iklim bumi.

__________________________

Judul asli : 10 Greatest Major-Impact Craters on Earth
Diterjemahkan : Calvin Pahimaneng


Betapa dahsyatnya ciptaan Tuhan. Banjir dan gempa saja kita manusia sudah ketakutan luar biasa, apalagi kalau dalam masa hidup kita, kita diperhadapkan dengan tabrakan komet berukuran seperti salah 1 dari 10 yang menghantam bumi jutaan tahun lalu itu. Di atas merupakan 10 bukti Bumi pernah 'dihancurkan', kejadian di masa lalu itu bukan tidak mungkin akan terjadi lagi. Bukan menakut-nakuti, tapi sebaiknya mari bersama berdoa dan berharap hal itu tidak akan pernah terjadi lagi, tapi semua kita kembalikan kepada Tuhan pencipta alam semesta, biarlah kuasanya yang jadi atas kita manusia. (cgp-republish)

________

Catatan:
Jika anda menemukan kata-kata sulit yang tidak anda mengerti seperti TNT, atau Canadian Shield, anda bisa menggunakan bantuan laman Wikipedia.org untuk membantu anda mencari penjelasan tentang kata atau istilah yang tidak anda ketahui. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.  

Comments

Popular posts from this blog

Kamen Rider (21 Jenis Kamen Rider 1971 - 2010)

Manado - Dengan halaman blog membuatsaya bisa ngepost apa saja yang saya inginkan (sesuai norma, dan tidak mengandung unsur SARA tentunya) hari ini, entah kenapa tiba-tiba saya teringat dengan salah satu serial kesukaan saya waktu masih SMP, yaitu serial "Satria Baja Hitam" atau nama aslinya "Kamen Rider Black". Berjalannya waktu, saya tidak lagi mengikuti perkembangan serial ini. Sampai hari ini saya baru tau kalo seri Kamen Rider sudah ada sejak tahun 1971. aduch qt blum lahir itu ..... 
Berterima kasih kepada wikipedia dan google, akhirnya saya bisa mengenal  ke-20 Kamen Rider dari episode pertama di tahun 1971, sampai episode di tahun 2009, dan yang terbaru Kamen Rider ke-21 yaitu "Kamen Rider OOO" 2010. Well...berikut saya sajikan ke-21 Kamen Rider yang saya kumpulkan dari pencarian di google images... selamat berkenalan ....

Gillette, pisau cukur terbaik di dunia!

AdS-info - Janggut atau kumis sudah pasti dimiliki oleh setiap pria di muka bumi ini. Adalah hormon testosteron yang menjadi penyebab dari semuanya itu. Akan tetapi tidak semua pria berjanggut, tapi semua pria pasti berkumis, itu karena alasan ras di mana pria itu terlahir, demikianlah Tuhan menciptakan laki-laki. Misalnya pria Timur Tengah, Amerika, dan Eropa pasti memiliki janggut yang lebih lebat, ketimbang pria Asia dan Oseania. Juga tidak semua pria yang mau 'memelihara' janggut dan kumisnya. Itulah sebabnya kita mengenal yang namanya pisau cukur. Sedikit perkenalan tentang apa itu pisau cukur, berikut saya kutip dari Wikipedia: Pisau cukur atau silet adalah benda tajam berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya bermata dua. Kata "silet" berasal dari nama dagang produk Gillette, yaitu nama belakang dari King Camp Gillette, pengusaha dari AS yang mencetuskan sistem pisau cukur sekali buang. Ia memulai praktik menjual alat cukur dengan murah kemudian mengambi…

Aniong Mama (Video dan lirik)

Courtesy: Youtube.com
Lirik :