Skip to main content

Membobol jaringan bank bukan perbuatan melanggar hukum

Ilustrasi gambar : im-soft.blogspot.com
Manado - Tanggal 16 - 17 Oktober nanti akan ada "pertempuran" hebat di Bali. Para jago-jago IT Indonesia akan saling bertempur untuk mengalahkan lawannya dalam gelaran Indonesian Security Conference 2010. Indonesian Security Conference 2010 atau IDSECCONF2010 adalah event tahunan yang sudah dimulai sejak tahun 2008. Awalnya dimulai dari sebuah komunitas yang membuat pertemuan pertama di bon-bin (kebon binatang-red) Ragunan. 
Pada awalnya kegiatan ini di prakarsai oleh para staff echo, dan dijadikan sebagai salah satu kegiatan yang ingin di usung secara penuh di tahun 2008, kegiatan ini pertama kali di sebarkan kepada para peserta kegiatan “echo Hack In the Zoo” (sebuah kegiatan ngumpul bareng secara “ekonomis” di kebun binatang Ragunan pada awal tahun 2008). (opik.unitiga.com)
Nah... untuk tahun ini IDSECCONF2010 ke-3 akan dilaksanakan di pulau Bali, tepatnya di STIMIK Bali. Kegiatan positif ini didukung oleh Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Kegiatan ini dibuat untuk mengedukasi masyarakat dalam hal keamanan jaringan informasi di dunia internet yang semakin canggih dan rawan saat ini. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dunia perbankan Indonesia yang sudah menggunakan sistem online menjadi sangat rapuh dan tidak aman, jika tidak dijaga baik-baik. Bukan sedikit kasus pembobolan kartu kredit dan rekening bank yang dilakukan hanya dengan ketikan jari pada keyboard dan mouse komputer.  

Kegiatan di hari pertama (16 Oktober 2010) akan diisi dengan 2 Keynote Speaker, yang diisi oleh Pihak STMIK BALI dan DEPKOMINFO, dihari pertama ini juga terdapat 4 orang pemateri yang akan memaparkan beragam Hal terkait Keamanan bertransaksi "Electronic Banking" dan Pembayaran Elektronik, dimulai dengan pemateri dari DEPKOMINFO, dilanjutkan sebuah materi dari k-159 yang berjudul "Assesstment Against ebanking : How To Train Your Ninja" akan mengajarkan security officer/hacker/ninja yang dimiliki oleh bank untuk melakukan "Legal Security Assessment".
Dilanjutkan oleh y3dips yang akan memaparkan mengenai bagaimana melakukan hacking terhadap jaringan pribadi yang pastinya dimiliki oleh per-bank-an, dan bagaimana untuk meminimalisir tingkat kerawanan dan meningkatkan level keamanannya dalam materi berjudul "Hacking pr8 network: banking infrastructure". Materi selanjutnya yang pastinya tidak kalah menarik adalah mengenai teknik "lock picking" yang akan di sampaikan oleh indo.pick dengan judul materi "No Banking, No Secure - Pembobolan Brankas dengan Lock Pick". Kegiatan hari pertama di tutup dengan Diskusi Panel "dua arah" yang akan membahas mengenai "Seberapa Aman dan Menjanjikankah Transaksi E-Banking dan E-Payment di Indonesia."
Kegiatan di hari kedua akan diawali dengan 2 Pembicara Keynote yang sudah tidak asing lagi di komunitas keamanan TI, dimulai dengan Bpk Yono Reksoprodjo dan dilanjutkan dengan keynote dari Jim Geovedi. Pada hari kedua ini Paparan pertama dimulai oleh wardh27 dengan tema "Peluang Layanan Konten Keamanan E-Transaction di Era Konvergensi" dan merupakan satu-satunya wanita yang mengirimkan paper pada IDSECCONF2010 ini dan berhasil lolos. Kemudian di lanjutkan oleh malcoder dengan materi "OAuth untuk pengamanan credentials pada akses REST API".  (press-release IDSECCONF2010)
Dalam kegiatan ini membobol jaringan bank bukan menjadi hal yang melanggar hukum. Tapi untuk membuat pertahanan keamanan sistem komputerisasi bank dan instansi penting lainnya menjadi lebih kokoh. Semoga dengan kegiatan ini akan membuka cara berpikir masyarakat awam umumnya tentang IT security, dan juga masyarakat IT untuk lebih solid lagi menjaga keaman jaringan internet di Indonesia, supaya tidak kalah jago dengan para hackers luar negeri. (cgp)  

Comments

Popular posts from this blog

Kamen Rider (21 Jenis Kamen Rider 1971 - 2010)

Manado - Dengan halaman blog membuatsaya bisa ngepost apa saja yang saya inginkan (sesuai norma, dan tidak mengandung unsur SARA tentunya) hari ini, entah kenapa tiba-tiba saya teringat dengan salah satu serial kesukaan saya waktu masih SMP, yaitu serial "Satria Baja Hitam" atau nama aslinya "Kamen Rider Black". Berjalannya waktu, saya tidak lagi mengikuti perkembangan serial ini. Sampai hari ini saya baru tau kalo seri Kamen Rider sudah ada sejak tahun 1971. aduch qt blum lahir itu ..... 
Berterima kasih kepada wikipedia dan google, akhirnya saya bisa mengenal  ke-20 Kamen Rider dari episode pertama di tahun 1971, sampai episode di tahun 2009, dan yang terbaru Kamen Rider ke-21 yaitu "Kamen Rider OOO" 2010. Well...berikut saya sajikan ke-21 Kamen Rider yang saya kumpulkan dari pencarian di google images... selamat berkenalan ....

Gillette, pisau cukur terbaik di dunia!

AdS-info - Janggut atau kumis sudah pasti dimiliki oleh setiap pria di muka bumi ini. Adalah hormon testosteron yang menjadi penyebab dari semuanya itu. Akan tetapi tidak semua pria berjanggut, tapi semua pria pasti berkumis, itu karena alasan ras di mana pria itu terlahir, demikianlah Tuhan menciptakan laki-laki. Misalnya pria Timur Tengah, Amerika, dan Eropa pasti memiliki janggut yang lebih lebat, ketimbang pria Asia dan Oseania. Juga tidak semua pria yang mau 'memelihara' janggut dan kumisnya. Itulah sebabnya kita mengenal yang namanya pisau cukur. Sedikit perkenalan tentang apa itu pisau cukur, berikut saya kutip dari Wikipedia: Pisau cukur atau silet adalah benda tajam berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya bermata dua. Kata "silet" berasal dari nama dagang produk Gillette, yaitu nama belakang dari King Camp Gillette, pengusaha dari AS yang mencetuskan sistem pisau cukur sekali buang. Ia memulai praktik menjual alat cukur dengan murah kemudian mengambi…

Aniong Mama (Video dan lirik)

Courtesy: Youtube.com
Lirik :