Skip to main content

Hari ini bulan akan berubah warna menjadi merah.

Urutan Terjadinya Gerhana Bulan total (NGC.com)
Manado - Sebentar sore menjelang malam pada sekitar pukul 17.00  -  19.00 wita nanti, bulan akan berubah warna menjadi merah. Sebentar akan terjadi sebuah gerhana bulan total. Peristiwa alam yang akan terjadi sebentar, merupakan peristiwa yang terjadi 1 kali setiap kurun waktu 300-an tahun. Gerhana bulan total yang terjadi saat musim dingin ini terakhir dicatat pada 372 tahun lalu. Seperti yang dilansir Okezone.com gerhana ini terakhir terjadi pada tahun 1638 dan tidak akan terjadi lagi hingga nanti tahun 2094.

"Gerhana bulan kali ini akan terlihat cukup indah karena terjadi di waktu yang sangat langka, di mana bulan akan sejajar dengan bintang-bintang dari bima sakti sehingga menciptakan latar belakang yang sangat luar biasa indah," ujar Presiden Royal Astronomical Society of Canada, Mary Lou Whitehorne, seperti dikutip melalui The Globe and Mail.Pada jam tertentu, Whitehorne mengatakan jika bulan akan benar-benar tertutup dan masyarakat akan melihat nuansa berwarna oranye dan merah bata.

Selain itu, karena gerhana ini bertepatan dengan titik balik matahari di musim dingin, maka letak bulan akan berada cukup tinggi dari biasanya. Hal ini secara langsung memberikan keuntungan kepada masyarakat di seluruh dunia agar bisa melihat dengan jelas."Saat itu bumi akan berada sejajar antara matahari dan bulan. Bulan akan bergerak masuk ke dalam bayangan bumi dan kita akan melihat bayangan bumi melengkung bergerak melintasi bulan," tambah Geoffrey Wyatt, dari Sydney Observatory, seperti dikutip melalui ABC.net, Senin (20/12/2010).

Pemandangan ini diperkirakan akan berlangsung total selama 3,5 jam. Namun meski akan terlihat jelas hampir di seluruh belahan dunia waktu berlangsungnya pemandangan itu akan terlihat berbeda-beda di beberapa wilayah. Australia misalnya, hanya bisa menikmatinya selama 73 menit saja. Brisbane sendiri hanya dapat jatah selama 13 menit.

Nah...karena kita di Indonesia nggak kebagian jatah untuk bisa melihatnya, maka saya akan membagikan beberapa foto gerhana bulan total yang pernah diabadikan. Terima kasih kepada Nat' Geo.

Tampak pada gambar , bayangan bumi perlahan mulai "menelan" bulan.
Foto gerhana bulan di atas Swiss saat gerhana bulan total tiga tahun lalu.
NGC.com - Foto oleh Fabrice Coffrini, AFP/Getty Images
Gerhana bulan yang tertutup awan.
Foto gerhana bulan yang terjadi pada tahun 2007 yang terlihat dari China.
NGC.com - Foto dari China Photos/Getty Images
Pada foto di atas, tampak bayangan Bumi pada permukaan bulan memerah. Yang membuat warna bayangan bumi seperti berkarat pada gerhana bulan seperti pada foto di atas, itu disebabkan oleh debu di atmosfer bumi. Dimana pada saat sinar matahari melewati atmosfir bumi pada sebuah sudut, maka cahaya kebiruan yang tersaring --Alasan yang sama mengapa matahari kelihatan memerah saat terbit dan terbenam. Selengkapnya anda bisa baca di sini.

Foto - Gerhana Bulan sebagian  yang nampak dari kutub utara pada bulan
Juni 2010, seperti juga yang terlihat dari Philipina.
NGC.com - Foto oleh Bullit Marquez, AP 
Gerhana "Halo" - Tampak mahkota cahaya menjelang gerhana Bulan
sebagian di tahun 2008, seperti yang terlihat dari Jerman
NGC.com - Foto oleh Daniel Roland, AP
Gerhana bulan total - Seperti inilah wujud dari gerhana Bulan total. Foto ini
diambil dari wilayah Wisconsin Amerika pada tahun 2008.
NGC.com - Foto oleh Michael P. King, The Post-Crescent/AP
Betapa indah karya Tuhan bagi kita manusia. Tuhan memberikan Manusia kepintaran untuk menciptakan teknologi yang dapat mengabadikan keagungan karya-NYA melalui media foto, seperti yang bisa kita lihat di atas. Dan terima kasih kepada lembaga riset dan media yang membagikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat luas, yang bernama Nat' Geo atau National Geographic. (cgp)

__________________
Sumber : 

Comments

Popular posts from this blog

Kamen Rider (21 Jenis Kamen Rider 1971 - 2010)

Manado - Dengan halaman blog membuatsaya bisa ngepost apa saja yang saya inginkan (sesuai norma, dan tidak mengandung unsur SARA tentunya) hari ini, entah kenapa tiba-tiba saya teringat dengan salah satu serial kesukaan saya waktu masih SMP, yaitu serial "Satria Baja Hitam" atau nama aslinya "Kamen Rider Black". Berjalannya waktu, saya tidak lagi mengikuti perkembangan serial ini. Sampai hari ini saya baru tau kalo seri Kamen Rider sudah ada sejak tahun 1971. aduch qt blum lahir itu ..... 
Berterima kasih kepada wikipedia dan google, akhirnya saya bisa mengenal  ke-20 Kamen Rider dari episode pertama di tahun 1971, sampai episode di tahun 2009, dan yang terbaru Kamen Rider ke-21 yaitu "Kamen Rider OOO" 2010. Well...berikut saya sajikan ke-21 Kamen Rider yang saya kumpulkan dari pencarian di google images... selamat berkenalan ....

Gillette, pisau cukur terbaik di dunia!

AdS-info - Janggut atau kumis sudah pasti dimiliki oleh setiap pria di muka bumi ini. Adalah hormon testosteron yang menjadi penyebab dari semuanya itu. Akan tetapi tidak semua pria berjanggut, tapi semua pria pasti berkumis, itu karena alasan ras di mana pria itu terlahir, demikianlah Tuhan menciptakan laki-laki. Misalnya pria Timur Tengah, Amerika, dan Eropa pasti memiliki janggut yang lebih lebat, ketimbang pria Asia dan Oseania. Juga tidak semua pria yang mau 'memelihara' janggut dan kumisnya. Itulah sebabnya kita mengenal yang namanya pisau cukur. Sedikit perkenalan tentang apa itu pisau cukur, berikut saya kutip dari Wikipedia: Pisau cukur atau silet adalah benda tajam berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya bermata dua. Kata "silet" berasal dari nama dagang produk Gillette, yaitu nama belakang dari King Camp Gillette, pengusaha dari AS yang mencetuskan sistem pisau cukur sekali buang. Ia memulai praktik menjual alat cukur dengan murah kemudian mengambi…

Aniong Mama (Video dan lirik)

Courtesy: Youtube.com
Lirik :