Skip to main content

Gerhana matahari pertama di tahun 2011

Gerhana Matahari Sebagian
Foto : BBC.com

Manado - Sebagai seorang narablog saya hari ini kecewa, kenapa? Karena ternyata kemarin (04/01/11) ada gerhana matahari se-bahagian (partial solar eclipses), dan saya tidak memuat beritanya di blog saya ini. Padahal sebelumnya saya sempat membuat berita tentang gerhana bulan, tepat sebelum kejadian. Tapi tidak apalah, baru lewat sehari jadi masih bisa sedikit mengulas berita pasca gerhana matahari kemarin. 

OK kita mulai.. seperti yang dilansir oleh laman BBC Indonesia, -- Kemari (Selasa, 04/01/11) masyarakat yang tinggal di sejumlah negara di benua Eropa dan Afrika utara, serta Rusia bagian tengan dan Cina bagian barat laut dapat menyaksikan Gerhana pada saat matahari terbenam. Sementara itu, di bagian timur laut Swedia yaitu di dekat kota Skelleftea, akan menyaksikan bulan menutupi hampir 90% bagian matahari.

Gerhana matahari se-bahagian yang terjadi kemarin, merupakan awal dari 4 gerhana yang akan terjadi di tahun 2011 ini. Gerhana matahari berikutnya akan terjadi pada tanggal 1 Juni 2011 yang nantinya akan dapat disaksikan dari Alaska, Canada bagian utara, Siberia, dan China bagian utara. Selain itu, tahun ini adalah tahun yang unik karena dari ke-4 gerhana yang akan terjadi semuanya hanya gerhana matahari se-bahagian. Menurut Pasachoff, hal ini pernah terjadi pada tahun 1982, dan setelah 2011 fenomena tersebut akan terjadi lagi pada tahun 2029 mendatang. Sedangkan untuk gerhana matahari total diperhitungkan akan terjadi pada tanggal 14 November 2012, ketika jejak bayangan bulan melewati Australia dan Pasifik Selatan. Namun sebelum itu akan terjadi gerhana matahari cincin (annular eclipse) pada tanggal 20 Mei 2012 mendatang yang nanti dapat disaksikan dari China, Jepang, Amerika, dan samudra pasifik.

Nah... supaya postingan ini bisa sedikit memberikan manfaat bagi pembaca, berikut saya akan tampilkan beberapa gerhana matahari se-bahagian yang diabadikan oleh para fotografer di berbagai belahan dunia. 

"Solar Seagull." Photograph by Jon Nazca, Reuters.
Siluet burung camar yang terbang diantara awan pagi
dengan latar gerhana matahari se-bahagian,
seperti yang terlihat dari pantai di M├ílaga 
"The Plane Truth." Photograph by Alberto Estevez,
European Pressphoto Agency/Corbis.
Sebuah pesawat yang melintas tepat saat terjadinya
gerhana matahari di atas langit Barcelona, Spanyol.  
"Cheshire Grin." Photograph by Juliano Miteff, My Shot.
Sinar indah yang dihasilkan dari gerhana matahari se-bahagian
di atas langit  Varna, Bulgaria.

Terima kasih kepada National Geographic yang telah menjadi inspirasi dan saluran informasi bagi kami untuk lebih menghargai akan karya Tuhan melalui alam ciptaan-Nya yang luar biasa.
(cgp-20011)   

Comments

Popular posts from this blog

Kamen Rider (21 Jenis Kamen Rider 1971 - 2010)

Manado - Dengan halaman blog membuatsaya bisa ngepost apa saja yang saya inginkan (sesuai norma, dan tidak mengandung unsur SARA tentunya) hari ini, entah kenapa tiba-tiba saya teringat dengan salah satu serial kesukaan saya waktu masih SMP, yaitu serial "Satria Baja Hitam" atau nama aslinya "Kamen Rider Black". Berjalannya waktu, saya tidak lagi mengikuti perkembangan serial ini. Sampai hari ini saya baru tau kalo seri Kamen Rider sudah ada sejak tahun 1971. aduch qt blum lahir itu ..... 
Berterima kasih kepada wikipedia dan google, akhirnya saya bisa mengenal  ke-20 Kamen Rider dari episode pertama di tahun 1971, sampai episode di tahun 2009, dan yang terbaru Kamen Rider ke-21 yaitu "Kamen Rider OOO" 2010. Well...berikut saya sajikan ke-21 Kamen Rider yang saya kumpulkan dari pencarian di google images... selamat berkenalan ....

Gillette, pisau cukur terbaik di dunia!

AdS-info - Janggut atau kumis sudah pasti dimiliki oleh setiap pria di muka bumi ini. Adalah hormon testosteron yang menjadi penyebab dari semuanya itu. Akan tetapi tidak semua pria berjanggut, tapi semua pria pasti berkumis, itu karena alasan ras di mana pria itu terlahir, demikianlah Tuhan menciptakan laki-laki. Misalnya pria Timur Tengah, Amerika, dan Eropa pasti memiliki janggut yang lebih lebat, ketimbang pria Asia dan Oseania. Juga tidak semua pria yang mau 'memelihara' janggut dan kumisnya. Itulah sebabnya kita mengenal yang namanya pisau cukur. Sedikit perkenalan tentang apa itu pisau cukur, berikut saya kutip dari Wikipedia: Pisau cukur atau silet adalah benda tajam berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya bermata dua. Kata "silet" berasal dari nama dagang produk Gillette, yaitu nama belakang dari King Camp Gillette, pengusaha dari AS yang mencetuskan sistem pisau cukur sekali buang. Ia memulai praktik menjual alat cukur dengan murah kemudian mengambi…

Aniong Mama (Video dan lirik)

Courtesy: Youtube.com
Lirik :