Skip to main content

Hari ini Endeavour membawa AMS-2 ke stasiun luar angkasa Internasional

Peswat ulang alik Endeavor saat 
peluncuran malam hari. Foto : NASA
AdS.info - Setelah pesawat ulang alik Discovery pensiun pada tanggal 10 Maret 2011 yang lalu, sekarang Amerika tinggal memiliki dua pesawat ulang alik yang menjadi alat transportasi NASA (badan luar angkasa Amerika) menuju ke stasiun luar angkasa Internasional di orbit Bumi, kedua pesawat itu adalah Endeavor dan Atlantis. Hari ini Senin, tanggal 16 Mei 2011, pesawat ulang alik Endeavor akan berangkat ke stasiun luar angkasa Internasional guna menjalankan misi yang ke-36 dalam pembangunan stasiun luar angkasa Internasional, yaitu mengangkut misi STS-134. Endeavor akan di-piloti oleh Gregory H. Johnson, dan akan membawa lima orang Astronot lainnya ke stasiun luar angkasa Internasional tersebut, mereka adalah: Commander Mark Kelly, Mission Specialists Michael Fincke, Greg Chamitoff, Andrew Feustel, serta astronot dari European Space Agency (ESA) yaitu  Roberto Vittori.

Foto ke-6 Astronot : Dilihat sesuai putaran jarum jam, Astronot Mark Kelly
(tengah bawah), Gregory H. Johnson, Michael Fincke, Greg Chamitoff,
Andrew Feustel, dan Roberto Vittori. Foto oleh : NASA 

Misi STS-134 adalah misi untuk membawa Alpha Magnetic Spectrometer (AMS-2) ke stasiun luar angkasa, juga untuk membawa spare parts termasuk dua buah antena S-band untuk komunikasi, dan juga sebuah tangki gas bertekanan tinggi yang dibutuhkan di stasiun angkasa tersebut. Alpha Magnetic Spectrometer (AMS-2)  adalah sebuah particle physics detector atau detektor untuk menangkap, atau mendapatkan data-data dari energi berkekuatan tinggi di luar angkasa, atau dikenal dengan istilah sinar atau cahaya kosmik.
AMS-2 ini juga akan digunakan untuk mengeksplorasi atau mencari tanda-tanda dari keberadaan antimatter, yang konon katanya energi per massa unit (9×1016 J/kg) dari antimatter adalah lebih besar dari kekuatan 10 bom atom. waduh..... kong kacili jow... Tentu para ilmuan bukan mencari antimatter ini untuk dibuat bom (semoga..), tapi untuk mencari sumber energi baru yang memiliki kekuatan yang lebih besar dari nuklir dan juga mungkin lebih aman. Selain itu para ilmuan meyakini kalau antimatter ini akan memberikan data tentang awal mula atau bagaimana bumi dan jagad raya tercipta.

Pesawat ulang alik Endeavor akan diluncurkan dari NASA Kennedy Space Center's Launch Pad atau tempat peluncuran 39A, di kota Florida Amerika. Persiapan peluncuran dimulai pada hari Minggu 15 Mei 2011 jam 11:44 pagi waktu setempat, dan akan meluncur pada hari Senin, tanggal 16 Mei 2011 jam 8:56 pagi waktu Florida (UCT -4) atau jam 20.56 WITA (GMT +8. Florida dan Manado beda waktu 12 jam).

Nah sekarang, apakah anda ingin mengetahui apa itu Alpha Magnetic Spectrometer ?? Berikut video penjelasan tentang apa itu, dan bagaimana ceritanya sampai AMS dibuat, dan apa sajakah kegunaannya, selamat menyaksikan.





Well... apa pendapat anda? Terlepas dari setuju atau tidak setuju dengan teori BIG BANG, ilmu pengetahuan merupakan anugerah dari Tuhan, sekarang tergantung masing-masing individu manusia itu sendiri mau menggunakan kepintarannya untuk apa. (cgp)

Jika anda ingin menyaksikan secara langsung proses peluncuran pesawat ulang alik Endeavor, anda bisa klik di sini atau di sini untuk format HD. 


*Sumber : nasa.gov dan yousaytoo.com

Comments

Popular posts from this blog

Kamen Rider (21 Jenis Kamen Rider 1971 - 2010)

Manado - Dengan halaman blog membuatsaya bisa ngepost apa saja yang saya inginkan (sesuai norma, dan tidak mengandung unsur SARA tentunya) hari ini, entah kenapa tiba-tiba saya teringat dengan salah satu serial kesukaan saya waktu masih SMP, yaitu serial "Satria Baja Hitam" atau nama aslinya "Kamen Rider Black". Berjalannya waktu, saya tidak lagi mengikuti perkembangan serial ini. Sampai hari ini saya baru tau kalo seri Kamen Rider sudah ada sejak tahun 1971. aduch qt blum lahir itu ..... 
Berterima kasih kepada wikipedia dan google, akhirnya saya bisa mengenal  ke-20 Kamen Rider dari episode pertama di tahun 1971, sampai episode di tahun 2009, dan yang terbaru Kamen Rider ke-21 yaitu "Kamen Rider OOO" 2010. Well...berikut saya sajikan ke-21 Kamen Rider yang saya kumpulkan dari pencarian di google images... selamat berkenalan ....

Gillette, pisau cukur terbaik di dunia!

AdS-info - Janggut atau kumis sudah pasti dimiliki oleh setiap pria di muka bumi ini. Adalah hormon testosteron yang menjadi penyebab dari semuanya itu. Akan tetapi tidak semua pria berjanggut, tapi semua pria pasti berkumis, itu karena alasan ras di mana pria itu terlahir, demikianlah Tuhan menciptakan laki-laki. Misalnya pria Timur Tengah, Amerika, dan Eropa pasti memiliki janggut yang lebih lebat, ketimbang pria Asia dan Oseania. Juga tidak semua pria yang mau 'memelihara' janggut dan kumisnya. Itulah sebabnya kita mengenal yang namanya pisau cukur. Sedikit perkenalan tentang apa itu pisau cukur, berikut saya kutip dari Wikipedia: Pisau cukur atau silet adalah benda tajam berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya bermata dua. Kata "silet" berasal dari nama dagang produk Gillette, yaitu nama belakang dari King Camp Gillette, pengusaha dari AS yang mencetuskan sistem pisau cukur sekali buang. Ia memulai praktik menjual alat cukur dengan murah kemudian mengambi…

Aniong Mama (Video dan lirik)

Courtesy: Youtube.com
Lirik :