Skip to main content

Cara menurunkan berat badan - Menggunakan pena dan kertas.

Buku harian makanan yang kita makan
Foto dari: dumblittleman.com
AdS.info - Saya yakin anda telah banyak melihat iklan tentang bagaimana cara untuk menurunkan berat badan. Mereka (baca: iklan) banyak muncul di koran, di televisi, dan juga di internet. Biasanya, mereka menjanjikan yang muluk tentang bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat tanpa harus bekerja keras.

Anda merasa skeptis? Tentu saja anda harus  Perusahaan-perusahaan yang beriklan memang sengaja melemparkan berbagai ide-ide praktis yang instant (seperti foto keadaan "before," dan "after" yang palsu, hasil berlebihan serta testimonials palsu) hanya untuk membuat anda "terpisah" dengan uang anda. Sebagian cara atau produk yang mereka tawarkan dihargai terlalu tinggi – dan juga mungkin bisa berbahaya bagi kesehatan anda.

Tapi kabar baiknya... anda memang bisa menghilangkan berat badan anda dengan cepat, dengan anda hanya meluangkan waktu untuk berusaha setiap harinya, dan dengan biaya yang murah meriah. Berikut caranya:

1. Tuliskan semua yang anda makan. 
Penelitian telah menunjukkan bahwa anda bisa menurunkan berat badan dua kali lebih banyak hanya dengan menyimpan catatan dari apa yang anda makan. - buku harian makanan. Itu berarti menuliskan semuanya, termasuk kuantitas (bukan "kentang goreng" tetapi "30 gram kentang goreng" atau "1 kantong kentang goreng", misalnya).

Anda dapat membuat grafik sederhana di Word atau Excel sehingga anda dapat mengisinya setiap hari, atau menggunakan program online untuk anda melacak asupan makanan Anda. Ada banyak aplikasi untuk iPhone atau perangkat lain yang akan membantu anda melakukan hal ini.

Hal ini tentu terlihat seperti seperti sebuah hal yang kecil, tapi bisa membuat perbedaan yang besar - lagipula, hanya membutuhkan waktu beberapa menit setiap harinya untuk anda menuliskan apa yang anda makan. 

Bagaimana, atau mengapa hal ini bisa berhasil? Karena anda akan segera menjadi lebih sadar tentang apa yang anda konsumsi. Jadi pada waktu anda ingin mengambil cemilan di dalam stoples kue ketika  anda melewatinya, anda akan bertanya pada diri sendiri "apakah saya benar-benar menginginkan cemilan itu?" Demikian juga ketika anda merasa galau ketika anda melihat setumpuk kue coklat nan indah terpajang di etalase di toko roti di sebuah mall dan anda ingin sekali membelinya dan akan memakannya, anda akan mengatakan pada diri sendiri, "apakah saya akan mencatat itu?"

Sebuah buku harian makanan saja akan mempercepat penurunan berat badan anda, membantu anda menurunkan berat badan dengan aman dan berkelanjutan, sekitar 1 atau 2 kilogram per minggu. Tapi pena sederhana dan kertas juga bisa digunakan sebagai alternatif jika anda tidak memiliki teknologi di atas.

2. Selalu ingat untuk mencatat waktu olahraga anda.
Seberapa sering anda melewatkan waktu untuk tidak berolahraga? Tar-sok (kalau tidak sebentar, nanti besok) 1 hari lewat, kemudian 1 minggu lewat, dan akhirnya 1 bulan anda tidak berolahraga sama sekali.

Untuk tetap menjaga motivasi menurunkan berat badan anda berada pada jalur yang tepat, selalu ingat untuk mencatat waktu anda berolahraga (anda bisa menulisnya bersama buku harian makanan anda, atau menuliskan rincian dalam kalender anda). Sekali lagi, ini mungkin kelihatannya seperti tidak akan banyak merubah kebiasaan anda - tapi dengan anda melihat aktivitas anda dalam "warna hitam-putih" akan mendorong anda untuk berbuat lebih lagi. 

Dengan mencatat kegiatan olahraga anda maka anda dengan mudah melihat perkembangan yang anda capai. Misalnya seminggu yang lalu anda joging setengah lapangan sepak bola, minggu ini anda sudah bisa lari mengitari 1 putaran lapangan sepak bola. Dengan demikian anda pasti akan lebih semangat lagi.

3. Buat sebuah jurnal.  
Banyak orang yang akhirnya mengalami kelebihan berat badan hanya karena mereka memiliki kebiasaan makan yang buruk, atau mereka suka makan dengan porsi jumbo. Tapi ada juga yang berusaha untuk melakukan diet, tapi malah terjebak dengan dengan emosi - mereka nyaman-makan, atau suka mengemil dan ketika bosan, mereka beralih ke makanan berbahan cokelat untuk alasan memerangi stres.

Mengisi buku harian atau sebuah jurnal akan memungkinkan anda untuk melihat pola. Misalnya, anda mungkin menyadari bahwa anda suka ngemil setelah makan malam, karena mungkin anda merasa bosan karena tidak memiliki banyak kegiatan. Beberapa pelaku diet menuliskan tentang bagaimana perasaan mereka ke dalam buku harian makanan mereka, setiap saat mereka mencatat dalam jurnal makanan mereka - lapar? Bosan? Kesal?

Anda juga bisa menggunakan buku jurnal tersebut untuk menuangkan perasaan anda ketika gundah dan galau. Mungkin anda sedang stres di tempat kerja, atau tidak tidur nyenyak semalam, atau mungkin ada masalah dengan pasangan anda. Mendapatkan pengalaman menulis anda di atas kertas adalah cara yang sangat efektif untuk mengatasi masalah - proses penulisan membantu anda untuk bekerja melalui emosi anda, dan mendapatkan beberapa penilaian objektiv tentang perasaan anda.

Ambilah sebuah buku kosong, atau buatlah sebuah dokumen di komputer anda atau secara online dengan media Blog. Cobalah pertahankan buku harian makanan anda, jurnal olahraga dan buat jurnal untuk satu minggu - dan lihat perbedaan apa yang akan anda buat, pinjam kalimat super dari pak Mario Teguh: "lalu perhatikan apa yang terjadi."
_______________________
cf-ungke
*Tulisan di atas merupakan saduran dari laman dumblittleman.com dengan judul asli: The Real Way to Lose Weight Fast – With Pen and Paper By: Ali Luke. Tanpa mengurangi esensi dari tulisan aslinya, terjemahan di atas sudah mengalami beberapa perubahan. 

AdS.info 2012

Comments

  1. ooo ternyata di catat di kertar, kirain apa. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kiranya dari apa gan ?? hehehehe
      nanti 2020 sudah nggak pake kertas, tapi tablet :)
      thanks for the comment and visitation

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kamen Rider (21 Jenis Kamen Rider 1971 - 2010)

Manado - Dengan halaman blog membuatsaya bisa ngepost apa saja yang saya inginkan (sesuai norma, dan tidak mengandung unsur SARA tentunya) hari ini, entah kenapa tiba-tiba saya teringat dengan salah satu serial kesukaan saya waktu masih SMP, yaitu serial "Satria Baja Hitam" atau nama aslinya "Kamen Rider Black". Berjalannya waktu, saya tidak lagi mengikuti perkembangan serial ini. Sampai hari ini saya baru tau kalo seri Kamen Rider sudah ada sejak tahun 1971. aduch qt blum lahir itu ..... 
Berterima kasih kepada wikipedia dan google, akhirnya saya bisa mengenal  ke-20 Kamen Rider dari episode pertama di tahun 1971, sampai episode di tahun 2009, dan yang terbaru Kamen Rider ke-21 yaitu "Kamen Rider OOO" 2010. Well...berikut saya sajikan ke-21 Kamen Rider yang saya kumpulkan dari pencarian di google images... selamat berkenalan ....

Gillette, pisau cukur terbaik di dunia!

AdS-info - Janggut atau kumis sudah pasti dimiliki oleh setiap pria di muka bumi ini. Adalah hormon testosteron yang menjadi penyebab dari semuanya itu. Akan tetapi tidak semua pria berjanggut, tapi semua pria pasti berkumis, itu karena alasan ras di mana pria itu terlahir, demikianlah Tuhan menciptakan laki-laki. Misalnya pria Timur Tengah, Amerika, dan Eropa pasti memiliki janggut yang lebih lebat, ketimbang pria Asia dan Oseania. Juga tidak semua pria yang mau 'memelihara' janggut dan kumisnya. Itulah sebabnya kita mengenal yang namanya pisau cukur. Sedikit perkenalan tentang apa itu pisau cukur, berikut saya kutip dari Wikipedia: Pisau cukur atau silet adalah benda tajam berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya bermata dua. Kata "silet" berasal dari nama dagang produk Gillette, yaitu nama belakang dari King Camp Gillette, pengusaha dari AS yang mencetuskan sistem pisau cukur sekali buang. Ia memulai praktik menjual alat cukur dengan murah kemudian mengambi…

Aniong Mama (Video dan lirik)

Courtesy: Youtube.com
Lirik :