Skip to main content

Tablet Microsoft Surface mengancam keberadaan Android untuk tablet.

Tablet Microsoft Surface - tekno.kompas.com
AdS.info - Microsoft baru saja mengumumkan kehadiran tablet Windows 8 buatannya sendiri, yaitu Surface Tablet. Namun, Microsoft masih merahasiakan "jeroan" dari perangkat tablet tersebut sebelum resmi dijual. Dari spesifikasi yang telah dirilis, perusahaan software raksasa ini masih menyembunyikan beberapa spesifikasi. Di antaranya ukuran RAM, resolusi kamera, resolusi layar, koneksi Bluetooth dan 4G, akselerometer, light sensor, gyroscope, kompas digital ataupun GPS. Begitu juga dengan harganya. Seperti kita ketahui bersama, saat ini beberapa produsen tablet sebut saja Acer dengan Iconia Tab A500 dan Samsung Galaxy Tab masih menggunakan Android untuk operating system tablet mereka, dan jika nanti  Microsoft Surface hadir dengan Windows 8 maka kemungkinan besar Android akan menemukan saingannya. Hal ini bukan tidak beralasan, karena seperti dilansir oleh mashable.com bahwa vendor seperti Hewlett Packard, Dell, Lenovo bahkan Samsung juga berminat merilis tablet dengan OS Windows 8. Akan tetapi masih banyak misteri dari berita kehadiran Tablet Surface besutan Microsoft di pasar komputer dunia. Berikut 10 hal yang masih menjadi misteri dari Microsoft Tablet Surface:


1. Harga.
Microsoft belum menjelaskan harga perangkat terbarunya itu. Tapi kabarnya, tablet Surface akan memiliki harga yang sebanding dengan tablet atau ultrabook. Sebagai gambaran, tablet biasanya rata-rata dijual seharga 500 dollar AS. Sedangkan Ultrabook murah dijual sekitar 800 dollar AS. Microsoft merilis dua model Tablet Surface, yaitu Windows RT dan Windows 8. Harga tablet Microsoft Surface ini diperkirakan tidak akan jauh dari 400 dollar AS (untuk Windows RT) dan 1.000 dollar AS (untuk Windows 8).

Dengan harga tersebut, diperkirakan akan langsung bersaing dengan Apple iPad yang saat ini masih dijual mulai 500 dollar AS. Saat dikonfirmasi, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro juga enggan berkomentar tentang harga perangkat tersebut. Dia menyerahkan sepenuhnya ke pihak Microsoft global.

"Saya tidak mau menyebut harganya, apalagi jadwal perilisannya di global maupun Indonesia," katanya.

2. Ketersediaan di pasar.
Karena menggunakan Windows 8, perangkat tablet ini diperkirakan akan dirilis saat peluncuran resmi OS Windows 8, yang rencananya akan diluncurkan pada Oktober atau November.


3. Mitra vendor.
Hingga saat ini belum diketahui perusahaan mana yang memproduksi Microsoft Surface. Ini berbeda dengan Apple yang sudah mulai menjalin kerjasama dengan Samsung.


4. Reaksi Partner.
Pengenalan tablet Microsoft Surface yang tidak berbarengan dengan peluncuran Windows 8 ini secara terang-terangan akan menyindir mitra kerjanya. Hal itu disebabkan vendor yang bekerja sama dengan Microsoft baru akan merilis tablet Windows 8, setelah OS tersebut resmi dirilis.


5. Apakah mampu mengalahkan iPad?
Tentu saja tidak. Apple saat ini masih memimpin pangsa pasar tablet. Sangat mustahil apabila tablet besutan Microsoft ini akan menyingkirkan Apple sebagai produsen tablet dengan penjualan terbanyak di dunia.


6. Apakah mampu menyaingi tablet Android?
Google bisa jadi akan gelisah atas kehadiran tablet Surface ini. Meski banyak vendor sudah membuat tablet dengan OS Android, tapi ternyata vendor-vendor ini juga belum terbukti mengalami keuntungan signifikan. Tapi bila Microsoft sanggup memberikan pengalaman khusus bagi pengguna, khususnya pengalaman memakai perangkat tablet sama seperti menggunakan PC, maka mungkin bisa menggeser kecenderungan pengguna OS Android untuk beralih ke tablet Windows 8.

7. Komponen Xbox.
Tablet ini dikabarkan akan mendapat konten Xbox, sama seperti konten Xbox yang ditawarkan ke perangkat dengan OS Windows 8 yang lain. Begitu juga dengan adaptasi teknologi SmartGlass.

8. Koneksi 4G.
Tablet ini memang belum dijelaskan apakah memakai koneksi jaringan 3G, 4G atau Long Term Evolution (LTE). Ini bisa jadi karena Microsoft belum mendapatkan partner operator.

9. Daya tahan baterai.
Daya tahan baterai untuk Surface Windows RT sekitar 31,5 jam. Sementara Surface Windows 8 sekitar 42 jam. Daya tahan baterai tersebut hampir mendekati iPad terbaru sekitar 42,5 jam. Namun, kapasitas baterai iPad memang ditujukan untuk layar resolusi tinggi yang memerlukan daya tahan baterai besar.

10. Mengapa harus di LA?
Perangkat ini memang diperkenalkan saat kegiatan Microsoft di Los Angeles. Namun publik dan media memang sempat bertanya mengapa kegiatan tersebut dilakukan di LA.Bahkan saat menit-menit menjelang perkenalan tablet tersebut dikabarkan sempat belum jelas tempat pelaksanaannya.

Kita tunggu saja kehadirannya, bukan tidak mungkin Microsoft Surface akan mengulangi sejarah iPad dan akhirnya menggeser posisi si penguasa pasar PC tablet dunia saat ini iPad, dan juga Android-nya Google. Karena Tablet Microsoft Surface Dibekali Keyboard dan Touchpad. Mantep nggak tuch?

Sumber: tekno.kompas.com

Comments

  1. Wiiihh Microsoft udah mulai menunjukkan taringnya nihh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kamen Rider (21 Jenis Kamen Rider 1971 - 2010)

Manado - Dengan halaman blog membuatsaya bisa ngepost apa saja yang saya inginkan (sesuai norma, dan tidak mengandung unsur SARA tentunya) hari ini, entah kenapa tiba-tiba saya teringat dengan salah satu serial kesukaan saya waktu masih SMP, yaitu serial "Satria Baja Hitam" atau nama aslinya "Kamen Rider Black". Berjalannya waktu, saya tidak lagi mengikuti perkembangan serial ini. Sampai hari ini saya baru tau kalo seri Kamen Rider sudah ada sejak tahun 1971. aduch qt blum lahir itu ..... 
Berterima kasih kepada wikipedia dan google, akhirnya saya bisa mengenal  ke-20 Kamen Rider dari episode pertama di tahun 1971, sampai episode di tahun 2009, dan yang terbaru Kamen Rider ke-21 yaitu "Kamen Rider OOO" 2010. Well...berikut saya sajikan ke-21 Kamen Rider yang saya kumpulkan dari pencarian di google images... selamat berkenalan ....

Gillette, pisau cukur terbaik di dunia!

AdS-info - Janggut atau kumis sudah pasti dimiliki oleh setiap pria di muka bumi ini. Adalah hormon testosteron yang menjadi penyebab dari semuanya itu. Akan tetapi tidak semua pria berjanggut, tapi semua pria pasti berkumis, itu karena alasan ras di mana pria itu terlahir, demikianlah Tuhan menciptakan laki-laki. Misalnya pria Timur Tengah, Amerika, dan Eropa pasti memiliki janggut yang lebih lebat, ketimbang pria Asia dan Oseania. Juga tidak semua pria yang mau 'memelihara' janggut dan kumisnya. Itulah sebabnya kita mengenal yang namanya pisau cukur. Sedikit perkenalan tentang apa itu pisau cukur, berikut saya kutip dari Wikipedia: Pisau cukur atau silet adalah benda tajam berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya bermata dua. Kata "silet" berasal dari nama dagang produk Gillette, yaitu nama belakang dari King Camp Gillette, pengusaha dari AS yang mencetuskan sistem pisau cukur sekali buang. Ia memulai praktik menjual alat cukur dengan murah kemudian mengambi…

Aniong Mama (Video dan lirik)

Courtesy: Youtube.com
Lirik :