Skip to main content

Tips jitu membeli mobil bekas

AdS.info - Tips jitu dalam persiapan membeli mobil bekas, bagi Anda yang mempunyai rencana atau sementara berburu mobil second berikut tips bagi Anda supaya jangan Anda menyesal dikemudian  hari.

1. Bagi Anda yang mau membeli mobil tua, khususnya jika ini mobil pertama bagi Anda, maka belajarlah soal mesin mobil serta bagian-bagiannya terlebih dahulu. Di sini Anda tidak perlu belajar untuk bongkar mesin. Anda cukup mencari teman Anda yang montir mobil, atau temen-temen Anda di tekhnik mesin dan STM. Jika Anda belum mempunyai teman dengan latar belakang tersebut, ini juga kesempatan bagi Anda untuk menambah luas pergaulan. Tujuannya, Anda cukup tahu mana itu yang namanya karburator, platina, tempat oli, selang radiator, relay, shock, kondensor, timing belt, atau power steering. Timbul pertanyaan bagi Anda yang suka yang singkat jelas padat dan terima kasih, ngapain repot-repot? saya kan sibuk, jadi buang-buang waktu saja. Maka jawabannya, kalau Anda sedikit saja memahami mesin mobil, maka pada saat Anda berbicara pada pemilik mobil yang mobil bekasnya akan Anda beli, Anda akan mempunya nilai tambah di depan orang itu, dan semakin kecil kemungkinan Anda akan ditipu, karena orang itu tahu kalau Anda juga tahu tentang mobil (mesin).

2. Kalau Anda sudah tahu tentang mesin mobil, baru langkah selanjutnya adalah belajar mengendarai mobil (bagi yang belum tahu berkendara). Kenapa begitu? Karena kalau Anda mau membeli mobil, pasti Anda akan Test Drive dulu. Nanti akan Anda rasakan, apakah mobil itu aman dan nyaman bagi Anda.

3. Jangan pernah malas dan malu untuk mencari, beretemu dengan banyak penjual untuk mencari mobil 'buruan' Anda.Mencari mobil tua yang kondisinya bagus itu susah sekali. Banyak yang bagus tapi harganya tidak bagus. Jadi Anda harus rajin mencarinya, dan rajin jalan juga. Semakin sering lihat barang, maka Anda akan semakin tahu banyak tentang mobil, jadi referensi Anda juga semakin beragam. Kalau Anda sudah berhadapan dengan penjual, jangan grogi, jangan takut dlsb.Jangan takut bertanya dan jangan mudah percaya atas kata-kata si penjual. Mau dia sesepuh klub, mau dia dedengkot komunitas, sampe dia punya showroom sekalipun jangan percaya 100%. Lihat, coba dan rasakan. Itu saja.

4. Apa saja yang harus diperhatikan waktu melihat mobil inceran? Yang pertama dilihat itu body mobil dan pernak perniknya. Masih mulus ngaleng apa dempul tebal, cuma karatan apa kropos bolong, sasis dan body lurus lempeng apa sudah miring-miring. Pernak pernik model door trim, emblemg, mika lampu, dashboard juga diliat. Keliatannya kecil, tapi kalau dibeli lagi mahal itu. Setelah itu, baru Anda perhatikan kondisi mesin dan kaki mobil. Kalau semua sudah baik, baru Anda mencocokkan surat-suratnya, langsung cocokkan semuanya ke nomor mesin dan rangka, sebab saya pernah punya pengalaman buruk karena kurang teliti, dimana nomor rangka di sasis dan di BPKB beda, jadi Anda harus benar-benar teliti supaya tidak repot di kemudian hari.

5. Kalau sudah cocok, tanya harganya, terus PULANG. Ya, pulang. Pikir baik-baik di rumah sambil ngopi. Bagus lagi kalo share sama temen atau keluarga buat cari pertimbangan. Apa harganya pas, apa kemahalan. Ingat, sekeren apa pun mobilnya, senafsu apa pun Anda sama itu mobil, ambillah keputusan dengan kepala dingin.

Ingat, beli mobil bekas, apalagi mobil tua, jarang ada yang langsung pakai. Siapkanlah dana cadangan untuk ke bengkel sebentar. Paling tidak ganti untuk oli. Jadi mobilnya bisa enak lagi waktu Anda gunakan. Kalau mau cara praktisnya, ajaklah temen yang mengerti mobil. Akan lebih baik lagi kalau Anda bayar montir (kepercayaan Anda), untuk menemani Anda melihat mobil mobil yang akan dibeli. Anda berkorban uang di depan tapi akan lebih tenang, karena Anda yakin Anda tidak akan dibodohi.Semoga dengan tips jitu membeli mobil bekas ini Anda bisa membantu Anda menemukan mobil idaman Anda, selamat berburu.

*Sumber: lensagaul.blogspot.com

Comments

  1. Tips nya memang sangat tokcer, please kunjungan baliknya! -Mobil Bekas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sama lensagaul gan, kami hanya meneruskan.. hehehe, btw makasih dah nitip comment....

      Delete
  2. iya nih, aku baru mau beli mobil bekas, ini akan jadi mobil pertama aku hasil nabung dalam beberapa tahun. aku emang ngga ngerti banget soal mobil sih, jadi butuh informasi yang banyak. makasih gan atas artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan, semoga lancar beli mobilnya :) sukses gan

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kamen Rider (21 Jenis Kamen Rider 1971 - 2010)

Manado - Dengan halaman blog membuatsaya bisa ngepost apa saja yang saya inginkan (sesuai norma, dan tidak mengandung unsur SARA tentunya) hari ini, entah kenapa tiba-tiba saya teringat dengan salah satu serial kesukaan saya waktu masih SMP, yaitu serial "Satria Baja Hitam" atau nama aslinya "Kamen Rider Black". Berjalannya waktu, saya tidak lagi mengikuti perkembangan serial ini. Sampai hari ini saya baru tau kalo seri Kamen Rider sudah ada sejak tahun 1971. aduch qt blum lahir itu ..... 
Berterima kasih kepada wikipedia dan google, akhirnya saya bisa mengenal  ke-20 Kamen Rider dari episode pertama di tahun 1971, sampai episode di tahun 2009, dan yang terbaru Kamen Rider ke-21 yaitu "Kamen Rider OOO" 2010. Well...berikut saya sajikan ke-21 Kamen Rider yang saya kumpulkan dari pencarian di google images... selamat berkenalan ....

Gillette, pisau cukur terbaik di dunia!

AdS-info - Janggut atau kumis sudah pasti dimiliki oleh setiap pria di muka bumi ini. Adalah hormon testosteron yang menjadi penyebab dari semuanya itu. Akan tetapi tidak semua pria berjanggut, tapi semua pria pasti berkumis, itu karena alasan ras di mana pria itu terlahir, demikianlah Tuhan menciptakan laki-laki. Misalnya pria Timur Tengah, Amerika, dan Eropa pasti memiliki janggut yang lebih lebat, ketimbang pria Asia dan Oseania. Juga tidak semua pria yang mau 'memelihara' janggut dan kumisnya. Itulah sebabnya kita mengenal yang namanya pisau cukur. Sedikit perkenalan tentang apa itu pisau cukur, berikut saya kutip dari Wikipedia: Pisau cukur atau silet adalah benda tajam berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya bermata dua. Kata "silet" berasal dari nama dagang produk Gillette, yaitu nama belakang dari King Camp Gillette, pengusaha dari AS yang mencetuskan sistem pisau cukur sekali buang. Ia memulai praktik menjual alat cukur dengan murah kemudian mengambi…

Aniong Mama (Video dan lirik)

Courtesy: Youtube.com
Lirik :