Skip to main content

Sales dan Purchasing, bagaikan kumbang dan bunga.

AdS.infoSales dan Purchasing, bagaikan kumbang dan bunga. Mungkin banyak di antara Anda yang belum familiar dengan kata "Purchasing", Purchasing adalah: Kegiatan pengadaan barang atau jasa untuk mencapai tujuan organisasi/perusahaan. Tujuan utama dari departemen Purchasing adalah untuk (1) menjaga kualitas dan nilai dari produk perusahaan, (2) meminimalisasikan perputaran modal yang dipakai untuk penyediaan stok barang, (3) menjaga aliran barang  masuk dan barang keluar, dan (4) memperkuat daya saing organisasi atau perusahaan. Purchasing juga bisa dilibatkan dalam (a) pengembangan dan penelaahan (review) terhadap spesifikasi produk, (b) penerimaan dan pemrosesan permintaan resmi (proses pembelian barang), (c) membuat iklan untuk penawaran (mencari barang), (d) evaluasi penawaran, (e) pemeriksaan atas barang yang diterima, dan (f) mengawasi atas penyimpanan dan pemakaian yang tepat.

Departemen purchasing merupakan bagian penting dari organisasi perusahaan manufakturing yang bertanggung jawab terhadap pengadaan dan pengelolaan material. Pada sebagian besar perusahaan manufakturing, biaya material mempunyai bobot antara 60% sampai dengan 80% dalam struktur biaya produksi. Jika laba terletak dalam biaya-biaya, maka peran purchasing menjadi sangat besar artinya dalam kegiatan perusahaan khususnya dalam usaha mencapai target profit yang ditetapkan manajemen.

Strategi pengadaan dan pengelolaan material, yang meliputi proses Pemesanan dan Forecasting (memperkirakan), Pemilihan Pemasok, Pengendalian Persediaan, Kalkulasi dan Penetapan Harga serta usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk menekan adalah tugas bagian purchasing.

Pembelian ( purchasing ) adalah salah satu fungsi dasar yang umum ada di semua jenis perusahaan. Dikatakan fungsi dasar karena perusahaan tidak dapat beroperasi dengan baik tanpanya. Dari sifatnya, pembelian adalah bagian dasar dan integral dari manajemen bisnis.

Dalam proses tawar menawar dengan sales nantinya purchasing akan menerbitkan yang namanya PO atau Purchase Orderd (Surat pembelian/pemesanan). Dalam banyak alasan, purchase order membantu baik pihak pembeli maupun pihak penjual:

  1. Dari sisi Penerbit PO: dengan “Purchase order, perusahaan selaku pembeli dapat mengkomunikasikan dengan jelas mengenai maksudnya untuk memesan barang, mulai dari jenis barang atau jasa, spesifikasinya (ukuran, standard SNI, dlsb), harga unit, waktu pengiriman sampai penyerahan, hingga termin pembayaran, sehingga dapat diharapkan barang yang akan diterima sesuai dengan yang dipesan. Sekaligus akan melindungi hak-haknya selaku pembeli. Dilihat dari segi administrasi-nya purchase order juga dapat dijadikan sebagai tools (piranti) untuk melacak pengeluaran (cost/expense) perusahaan, melacak deposit, dan saldo utang yang akan jatuh tempo.
  2. Dari sisi Penjual: dengan “Purchase Order” penjual akan mendapat keyakinan mengenai barang yang dipesan, dan sekaligus akan melindungi hak-haknya selaku penjual. Dan dari segi administrasi perusahaan yang bertindak selaku penjual dapat melacak penjualannya dengan lebih mudah, termasuk deposit yang telah diterima, dan piutang yang akan jatuh tempo untuk ditagih.
Tidak salah jika saya menganalogikan Sales dan Purchasing itu bagaikan kumbang dan bunga. Penjual (kumbang)  membutuhkan pembeli untuk hidup mereka, dan pembeli (bunga) membutuhkan penjual untuk hidup mereka juga dalam aktivitas produksi. Mungkin ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang masih fresh graduate untuk mencari pekerjaan, setidaknya Anda bisa menambah pengetahuan tentang sebuah posisi di dalam satu perusahaan, yaitu Departemen Purchasing, dan Anda bisa menjadi seorang purchaser. Semoga bermanfaat. (canal81)

*Sumber informasi:
1. wikipedia.
3. id.answers.yahoo.com (QQ)
4. businessdictionary.com

*Ilustrasi gambar: footage.shutterstock.com

Produksi adadisini.info 2012

Comments

Popular posts from this blog

Kamen Rider (21 Jenis Kamen Rider 1971 - 2010)

Manado - Dengan halaman blog membuatsaya bisa ngepost apa saja yang saya inginkan (sesuai norma, dan tidak mengandung unsur SARA tentunya) hari ini, entah kenapa tiba-tiba saya teringat dengan salah satu serial kesukaan saya waktu masih SMP, yaitu serial "Satria Baja Hitam" atau nama aslinya "Kamen Rider Black". Berjalannya waktu, saya tidak lagi mengikuti perkembangan serial ini. Sampai hari ini saya baru tau kalo seri Kamen Rider sudah ada sejak tahun 1971. aduch qt blum lahir itu ..... 
Berterima kasih kepada wikipedia dan google, akhirnya saya bisa mengenal  ke-20 Kamen Rider dari episode pertama di tahun 1971, sampai episode di tahun 2009, dan yang terbaru Kamen Rider ke-21 yaitu "Kamen Rider OOO" 2010. Well...berikut saya sajikan ke-21 Kamen Rider yang saya kumpulkan dari pencarian di google images... selamat berkenalan ....

Gillette, pisau cukur terbaik di dunia!

AdS-info - Janggut atau kumis sudah pasti dimiliki oleh setiap pria di muka bumi ini. Adalah hormon testosteron yang menjadi penyebab dari semuanya itu. Akan tetapi tidak semua pria berjanggut, tapi semua pria pasti berkumis, itu karena alasan ras di mana pria itu terlahir, demikianlah Tuhan menciptakan laki-laki. Misalnya pria Timur Tengah, Amerika, dan Eropa pasti memiliki janggut yang lebih lebat, ketimbang pria Asia dan Oseania. Juga tidak semua pria yang mau 'memelihara' janggut dan kumisnya. Itulah sebabnya kita mengenal yang namanya pisau cukur. Sedikit perkenalan tentang apa itu pisau cukur, berikut saya kutip dari Wikipedia: Pisau cukur atau silet adalah benda tajam berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya bermata dua. Kata "silet" berasal dari nama dagang produk Gillette, yaitu nama belakang dari King Camp Gillette, pengusaha dari AS yang mencetuskan sistem pisau cukur sekali buang. Ia memulai praktik menjual alat cukur dengan murah kemudian mengambi…

Aniong Mama (Video dan lirik)

Courtesy: Youtube.com
Lirik :