Skip to main content

Penyebab bencana banjir di Manado, 17 Februari 2013.

DAS Tondano meluap, sebagian Kelurahan Paal Dua
tenggelam.
Adadisini.info - Cuaca seakan tidak bisa dikenali lagi modelnya bagaimana, hujan berkepanjangan mewarnai dua bulan awal di tahun 2013 ini. Pemanasan global sering dituding penyebab dari terjadinya cuaca ekstrim di Bumi. Manado, kota pinggir pantai di Utara pulau Sulawesi tak luput dari 'cuaca ekstrim' tersebut. 16 dan 17 Februari 2013 Manado diterpa hujan tak hentinya, bisa dikatakan 48 jam nonstop. Bukan hanya Manado, tapi seluruh Provinsi Sulawesi Utara juga didera hujan yang lebat. Ada lima sungai besar yang melewati Manado, yaitu Sungai Tondano (Toudano/Temberan), Sungai Tikala yang menyatu dengan Sungai Tondano di daerah Miangas, Sungai Sario, Sungai Malalayang, dan Sungai Bailang atau Molas yang bermuara di Teluk Manado. Dan hari Minggu 17 Februari 2013, sekitar pukul 11.00 WITA air sungai Tondano, Sario, dan Bailang meluap dan menggenangi sejumlah titik pemukiman di kota Manado. 

Kuala Jengki yang mengalami
penyempitan karena pembangunan
jembatan Soekarno.
Daerah yang terendam banjir diantaranya Kelurahan Paal Dua, Kelurahan Tikala, Kelurahan Sario, Kelurahan Komo Luar, Kelurahan Karame, KelurahanTernate Tanjung, dan Kelurahan Bailang. Yang paling parah adalah daerah yang berada di DAS Tondano yaitu kecamatan Tikala, dan Kecamatan Wenanag. Konon kabar, karena di Danau Tondano wilayah Minahasa curah hujan sangat lebat serta pintu air di PLTA Tanggari dibuka, maka jumlah debit air sungai Tondano meningkat dan akhirnya meluap. 

Saya pun mempunyai teori sendiri dalam mengevaluasi meluapnya sungai Tondano, Sario, dan Bailang. Teori saya adalah, karena terjadinya penyempitan dan pendangkalan area hilir dan muara sungai. Minggu siang tepatnya pukul 15.00 WITA saya mulai menelusuri aliran sungai Tondano melalui jalan Kombos dan akhirnya sampai ke muara sungai Tondano di 'kuala jengki'. Benar, di muara terdapat tumpukan sampah dan juga penyempitan muara akibat pembangunan jembatan Soekarno.

Muara 'kuala jengki' saat banjir
Manado
Setelah dari muara 'kuala jengki' saya langsung ke weilayah Sario. Saya tiba di Lapangan Koni Sario pukul 17.30 WITA dan air sudah lama surut. Saya pun langsung menuju ke muara sungai Sario yang terletak di antara kawasan reklamasi Mega Mas dan Manado Town Square, wala.. bukan pendangkalan lagi, malah sudah ada delta di mulut sungai. Karena waktu sudah hampir malam, saya tidak sempat ke muara sungai Bailang, tapi dapat saya pastikan, muara sungai Bailang pun mengalami pendangkalan yang sama seperti di dua muara lainnya.

Jadi menurut pendapat saya, pemerintah jangan cuek dengan pendangkalan yang terjadi di muara sungai, yang semakin lama semakin dangkal, dan bukan tidak mungkin banjir yang lebih besar akan menerjang kota Manado (lagi). Berapa kerugian masyarakat Manado hari Minggu kemarin? Pemerintah jangan hanya mau menerima pajak, tapi kurang memperhatikan kesejahteraan rakyat.

Muara Sungai Sario yang dangkal
Untuk masyarakat di DAS Tondano, Sario, dan Bailang, Anda juga harus menjaga lingkungan Anda. Sebenarnya masyarakat juga sudah melanggar AMDAL, tapi karena 'peraturan dibuat untuk dilanggar', serta dilema mata pencaharian dan lokasi tempat tinggal, maka hal-hal tersebut diatas sepertinya 'layak' untuk dikompensasikan. Itulah menurut saya salah satu penyebab Manado bisa banjir. Waktu banjir tahun 2008, seharusnya itu sudah cukup menjadi pembelajaran, tapi tahun 2013 masih juga terjadi. 

Seharusnya Manado tidak banjir. Kalau pemerintah sudah menata baik muara sungai dan kedalaman muara ideal, jika terjadi banjir itu memang karena alam. Tapi untuk saat ini, jangan salahkan alam, karena manusia juga punya peran dalam bencana alam (kecuali gempa dan badai). (canal81)

© Copyright adadisini.info 2013

Comments

Popular posts from this blog

Kamen Rider (21 Jenis Kamen Rider 1971 - 2010)

Manado - Dengan halaman blog membuatsaya bisa ngepost apa saja yang saya inginkan (sesuai norma, dan tidak mengandung unsur SARA tentunya) hari ini, entah kenapa tiba-tiba saya teringat dengan salah satu serial kesukaan saya waktu masih SMP, yaitu serial "Satria Baja Hitam" atau nama aslinya "Kamen Rider Black". Berjalannya waktu, saya tidak lagi mengikuti perkembangan serial ini. Sampai hari ini saya baru tau kalo seri Kamen Rider sudah ada sejak tahun 1971. aduch qt blum lahir itu ..... 
Berterima kasih kepada wikipedia dan google, akhirnya saya bisa mengenal  ke-20 Kamen Rider dari episode pertama di tahun 1971, sampai episode di tahun 2009, dan yang terbaru Kamen Rider ke-21 yaitu "Kamen Rider OOO" 2010. Well...berikut saya sajikan ke-21 Kamen Rider yang saya kumpulkan dari pencarian di google images... selamat berkenalan ....

Gillette, pisau cukur terbaik di dunia!

AdS-info - Janggut atau kumis sudah pasti dimiliki oleh setiap pria di muka bumi ini. Adalah hormon testosteron yang menjadi penyebab dari semuanya itu. Akan tetapi tidak semua pria berjanggut, tapi semua pria pasti berkumis, itu karena alasan ras di mana pria itu terlahir, demikianlah Tuhan menciptakan laki-laki. Misalnya pria Timur Tengah, Amerika, dan Eropa pasti memiliki janggut yang lebih lebat, ketimbang pria Asia dan Oseania. Juga tidak semua pria yang mau 'memelihara' janggut dan kumisnya. Itulah sebabnya kita mengenal yang namanya pisau cukur. Sedikit perkenalan tentang apa itu pisau cukur, berikut saya kutip dari Wikipedia: Pisau cukur atau silet adalah benda tajam berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya bermata dua. Kata "silet" berasal dari nama dagang produk Gillette, yaitu nama belakang dari King Camp Gillette, pengusaha dari AS yang mencetuskan sistem pisau cukur sekali buang. Ia memulai praktik menjual alat cukur dengan murah kemudian mengambi…

Aniong Mama (Video dan lirik)

Courtesy: Youtube.com
Lirik :