Skip to main content

Pemerintah Sengaja Membiarkan Aset Miliaran Rupiah Terdampar Percuma?

KM. Bawangung Nusa, masih terdampar di Pelabuhan Manado
Foto Kamis 10/11/2016
Apakah Pemerintah sengaja membiarkan aset bernilai miliaran Rupiah terdampar percuma? Pertanyaan itu akan muncul di benak Anda ketika melihat Kapal Motor (KM) Bawangung Nusa yang terdampar di dalam Pelabuhan Manado.

KM Bawangung Nusa, yang merupakan kapal hibah dari TNI-AL kepada Pemkab Kepulauan Sangihe merupakan tipe kapal cepat yang diperuntukkan untuk menunjang program Tol Laut yang diprogramkan oleh Presiden Joko Widodo.

Namun jauh panggang dari api, KM Bawangung Nusa tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hari Kamis lalu (10/11) saya sempat ke pelabuhan Manado, dan mendapati satu kapal kokoh dan megah yang tetambat di dermaga.

Melihat kapal itu, dalam hati saya berkata, ini kapal canggih. Saya pun berucap kepada teman di samping saya, ini kapal mantap punya, kapal cepat, dan dari design-nya ini kapal sangat baik menerjang ombak jika menghadapi badai di laut.

"kapal rusak itu, so tatono lama leh." (itu kapal sudah rusak dan tenggelam) demikian jawab teman saya, menanggapi pembicaraan saya. Betapa kagetnya saya mendengar hal itu. Karena tidak percaya, saya pun melihat ke bagian belakang kapal itu, dan benar, sebagian kapal itu sudah tenggelam.

Saya sangat kecewa melihat kapal gagah itu, karam tak berguna di dalam Pelabuhan Manado. Penasaran saya pun googling. Ternyata awal Januari 2016, sudah ada dua media yang membahas karamnya KM. Bawangung Nusa, manadoterkini.com dan suarasitaronews.com.

Hampir setahun kapal itu karam di Pelabuhan Manado, dan terbiarkan. Dilansir manadoterkini.com, pihak ketiga yang mengelola KM. Bangungu Nusa terus mengalami kerugian, dan para ABK pun sudah banyak keluar dan bekerja di tempat lain.

KM Bawangung Nusa, karam di Pelabuhan Manado
Foto: suarasitaronews.com

Para Nettizen juga sudah bersuara akan keadaan KM. Bawangung Nusa yang 'terdampar' di dalam Pelabuhan Manado itu, namun seperti angin lalu, tidak ada yang memperbaiki kapal tersebut. Demikian dilansir suarasitaronews.com.

Entah apa kendala Pemkab Kepulauan Sangihe, tapi fakta di lapangan KM. Bawangung Nusa masih terdampar di Pelabuhan Manado sampai hari ini. Selain menyia-nyiakan hibah dari TNI-AL yang pasti nilainya tidak sedikit, warga Kabupaten Kepulauan Sangihe pun dirugikan dengan tidak beroperasinya kapal itu.

Jadi, apakah Pemerintah sengaja membiarkan aset bernilai miliaran rupiah terdampar percuma? Saya harap tidak, dan Pemerintah bisa segera memutuskan apakah akan memperbaikinya atau membesituakan-nya. Supaya tidak mengganggu aktivitas kapal lainnya yang berlabuh di Pelabuhan Manado.


Comments

Popular posts from this blog

Kamen Rider (21 Jenis Kamen Rider 1971 - 2010)

Manado - Dengan halaman blog membuatsaya bisa ngepost apa saja yang saya inginkan (sesuai norma, dan tidak mengandung unsur SARA tentunya) hari ini, entah kenapa tiba-tiba saya teringat dengan salah satu serial kesukaan saya waktu masih SMP, yaitu serial "Satria Baja Hitam" atau nama aslinya "Kamen Rider Black". Berjalannya waktu, saya tidak lagi mengikuti perkembangan serial ini. Sampai hari ini saya baru tau kalo seri Kamen Rider sudah ada sejak tahun 1971. aduch qt blum lahir itu ..... 
Berterima kasih kepada wikipedia dan google, akhirnya saya bisa mengenal  ke-20 Kamen Rider dari episode pertama di tahun 1971, sampai episode di tahun 2009, dan yang terbaru Kamen Rider ke-21 yaitu "Kamen Rider OOO" 2010. Well...berikut saya sajikan ke-21 Kamen Rider yang saya kumpulkan dari pencarian di google images... selamat berkenalan ....

Gillette, pisau cukur terbaik di dunia!

AdS-info - Janggut atau kumis sudah pasti dimiliki oleh setiap pria di muka bumi ini. Adalah hormon testosteron yang menjadi penyebab dari semuanya itu. Akan tetapi tidak semua pria berjanggut, tapi semua pria pasti berkumis, itu karena alasan ras di mana pria itu terlahir, demikianlah Tuhan menciptakan laki-laki. Misalnya pria Timur Tengah, Amerika, dan Eropa pasti memiliki janggut yang lebih lebat, ketimbang pria Asia dan Oseania. Juga tidak semua pria yang mau 'memelihara' janggut dan kumisnya. Itulah sebabnya kita mengenal yang namanya pisau cukur. Sedikit perkenalan tentang apa itu pisau cukur, berikut saya kutip dari Wikipedia: Pisau cukur atau silet adalah benda tajam berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya bermata dua. Kata "silet" berasal dari nama dagang produk Gillette, yaitu nama belakang dari King Camp Gillette, pengusaha dari AS yang mencetuskan sistem pisau cukur sekali buang. Ia memulai praktik menjual alat cukur dengan murah kemudian mengambi…

Aniong Mama (Video dan lirik)

Courtesy: Youtube.com
Lirik :